Sepasang Remaja SMP yang Ngebet Nikah Dini Akhirnya Batal Menikah

0
105

Berita Gaya.com – Jakarta– Sepasang pelajar SMP asal Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang sempat menggerkan publik lantaran mendatangi KUA untuk mengajukan permohonan menikah, akhirnya batal menikah pada Senin (16/04/18) lalu. Keduanya batal menikah di tanggal yang sudah ditentukan itu lantaran belum memenuhi syarat izin dari Kantor Camat Bantaeng.

Dua pasangan pelajar berinisial SY (15) dan FA (14) telah mengikuti bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bantaeng pada 12 April lalu. Pada hari itu, SY dan FA sudah sempat datang ke KUA Kecamatan Bantaeng di Jl Delima, Bantaeng, dengan pakaian rapi. SY didampingi oleh ibundanya dan FA didampingi oleh bibinya. Namun pernikahan yang sedianya dijadwalkan pada Senin lalu akhirnya batal. Pernikahan baru bisa dilakukan setelah keduanya mengantongi dispensasi dari Camat Bantaeng.

“Belum bisa menikah hari ini katanya karena belum ada dispensasi dari Pak Camat Bantaeng,” ujar SY, Senin (16/04/18) lalu.

KUA Kecamatan Bantaeng pun menjadwalkan kembali pernikahan keduanya pada Senin (23/4/2018) mendatang.

“Rencananya kami akan menikahkan keduanya pekan depan. Ini sisa menunggu dispensasi dari Camat,” kata Penghulu Fungsional KUA Kecamatan Bantaeng, Syarief Hidayat, Selasa (17/4/2018).

Menurut Syarief, pada tanggal itu pernikahan keduanya tetap bisa digelar meskipun tidak ada dispensasi dari camat karena sudah melewati tenggat waktu selama 10 hari setelah didaftarkannya pernikahan di KUA.

“Merujuk pada PMA No 11 Tahun 2017, keduanya sudah bisa dinikahkan setelah melewati 10 hari setelah mendaftarkan pernikahannya di KUA,” tuturnya.

Leave a Reply