Didakwa Menggaji Seorang Admin 2Juta/Bulan Untuk Posting Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Tetap Yakin Tak Bersalah

0
55

Berita Gaya.com – Jakarta– Menggunakan kaos bertuliskan “#2019 ganti Presiden”, Ahmad Dhani memasuki Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Ampera Raya untuk menjalani sidang perdana terkait kasus hate speech yang menjeratnya. Dalam sidang yang digelar pada Senin (16/4/2018) kemarin itu, terungkap pula bahwa Dhani ternyata menggaji seseorang sebesar 2juta rupiah/ bulan untuk menyebarkan berita kebencian.

Ahmad Dhani atau yang bernama asli Dhani Ahmad Prasetyo didakwa melakukan ujaran kebencian (hate speech) lewat tiga cuitan di akun Twitter pribadinya @AHMADDHANIPRAST. Ketiga cuitan itu disebut jaksa diunggah oleh admin bernama Suryopratomo Bimo alias Bimo dalam rentang waktu Februari 2017 hingga Maret 2017. Ketiga cuitan di akun tersebut dianggap bisa memicu kebencian dan permusuhan di masyarakat.

Salah satu cuitan Dhani:

“Terdakwa Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani bersama-sama dengan Suryopratomo Bimo alias Bimo pada Februari 2017-Maret 2017, yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA,” kata jaksa membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jaksel, Senin (16/4).

Tak hanya itu, jaksa penuntut umum (JPU) Dedyng Wibianto Atabay dalam bacaan dakwaannya juga menyebutkan bahwa Dhani menggaji Suryopratomo Bimo alias Bimo untuk memposting ujaran kebencian. Atas perintah Dhani, Bimo memposting beberapa cuitan yang berisikan ujaran kebencian.

Baca Juga: Terus Tuai Kontroversi, Yulia Mochamad Dihujat Netizen Lantaran Posting Foto Dirinya Tak Berhijab

“Dia digaji Rp 2 juta per bulan oleh terdakwa. Suryo Pratomo Bimo menyalin persis yang ditulis oleh Dhani, yang dikirim melalui pesan WhatsApp,” ucap jaksa.

Entah apa yang ada dipikiran Dhani, kendati dirinya sudah berstatus tersangka atas beberapa dakwaan yang ditujukan terhadapnya ia tetap merasa tak bersalah. Dhani merasa tak ada yang salah atas cuitannya tersebut. Pentolan Dewa ini pun mengajukan eksepsi atas dakwaan jaksa terhadapnya.

Leave a Reply