Puisi “Ibu Indonesia” Karyanya Tuai Kontroversi, Sukmawati Soekarnoputri Meminta Maaf dengan Berurai Air Mata

0
61

Berita Gaya.com – Jakarta– Heboh puisi “Ibu Indonesia” yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri nyatanya berbuntut panjang. Usai mendapat banyak kritikan dari masyarakat sampai pelaporan ke pihak berwajib, Sukmawati akhirnya meminta maaf dengan beruarai air mata.

Sukmawati meminta maaf lantaran puisi “Ibu Indonesia” ciptaannya yang dibacakan di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 telah memantik kontroversi. Ia menjelaskan dirinya sama sekali tidak berniat untuk menghina umat Islam. Pernyataan tersebut disampaikan Sukmawati dalam konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018). Dia didampingi Halida Nuriah Hatta, putri bungsu Mohammad Hatta atau Bung Hatta.

Sukmawati menjelaskan, puisi ‘Ibu Indonesia’ itu adalah pandangan pribadinya sebagai seorang seniman dan budayawati. Ada beberapa poin yang disampaikan Sukmawati dalam klarifikasinya. Dia menangis saat membacakan klarifikasinya di hadapan para awak media.

“Puisi ‘Ibu Indonesia’ yang saya bacakan sesuai dengan tema acara pergelaran busana yakni Cultural Identity, yang semata mata adalah pandangan saya sebagai seniman, budayawati dan murni karya sastra Indonesia,” kata Sukmawati saat memberi klarifikasi di Warung Daun, Cikini, Rabu (4/4/2018).

“Saya adalah putri seorang Proklamator, Bung Karno, yang dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah dan juga tokoh yang mendapatkan gelar NU sebagai Waliyul Amri Ad Dharuri Bi As Syaukah,” kata Sukmawati.

Baca Juga: Bacakan Puisi “Ibu Indonesia”, Sukmawati Soekarnoputri Terancam Dipolisikan karena Dianggap Tebar SARA

Sukmawati menjelaskan, puisi “Ibu Indonesia” adalah puisi yang ditulis dari buku kumpulan puisi Ibu Indonesia yang terbit 2006.

“Namun karena karya ini telah memantik kontroversi di berbagai kalangan, baik pro dan kontra, dengan ini saya Mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia, khususnya bagi yang merasa tersinggung dan keberatan dengan puisi tersebut,” ucap Sukmawati sambil terisak.

Leave a Reply