Majikan yang Siksa Adelia Terancam Hukaman Mati

0
85

Berita Gaya.com – Jakarta– Kabar meninggalnya salah satu TKI asal NTT, Adelia, yang bekerja di Malaysia masih menjadi perbincangan masyarakat. Majikan yang diduga menyiksa korban hingga tewas pun terancam hukuman mati.

Hal itu terungkap ketika tersangka S Ambika (59) menjalani persidangan di Pengadilan Bukit Mertajam Rabu (21/2/2018). Dalam persidangan tersebut, Hakim Muhamad Anas Mahadzir membacakan dakwaan kepada Ambika. Ambika didakwa telah menyiksa Adelina, hingga menyebabkannya meninggal 11 Februari 2018 lalu. Atas tindakannya tersebut, Ambika dianggap melanggar Pasal 302 Hukum Pidana dengan ancaman maksimal vonis mati jika terbukti bersalah.

Selain Ambika, ada pula anaknya bernama R Jayavartiny yang ditetapkan sebagai tersangka. Berbeda dengan ibunya, ia didakwa telah mempekerjakan imigran ilegal sejak Maret 2017 hingga 10 Februari 2018. Perempuan 32 tahun tersebut dianggap melakukan pelanggaran terhadap Pasal 55 B ayat 1 Hukum Imigrasi. Jika terbukti bersalah, Jayavartiny bakal dihukum selama satu tahun, dan denda maksimum 50.000 ringgit, atau sekitar Rp 173 juta.

Baca Juga; Batal Pulang ke Indonesia, Begini Alasan Rizieq Shihab

Adelia sendiri adalah TKI asal NNT yang ditemukan tewas di dekat kandang anjing milik majikannya. Berdasarkan keterangan tetangga tersangka, Adelia itu tidur dengan seekor anjing di beranda rumah selama sebulan terakhir. Dokter yang menangani jenazah Adelia juga menambahkan jika Adelina menderita memar di kepala dan wajahnya. Dia juga menderita kegagalan multi organ sekundar akibat anemia. Artinya, organ tubuhnya gagal bekerja karena kekurangan darah di tubuhnya. Adelina pun akhirnya meninggal karena luka-lukanya tersebut di rumah sakit pada Minggu (11/2/2018).

Leave a Reply