Tanggapi Penyerangan Gereja Katolik Santa Lidwina Sleman, Sultan; Sedih Tapi Gak Bisa Menangis

0
86

Berita Gaya.com – Jakarta– Penyerangan Gereja Katolik Santa Lidwina, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat misa, Minggu (11/2/2018) pagi memang menyita perhatian publik. Raja Keraton yang juga Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pun turut mengungkapkan kekecewaan dan kesedihannya atas penyerangan tersebut.

Seperti diketahui publik, penyerangan Gereja Katolik Santa Lidwina dilakukan oleh pemuda bernama Suliyono. Ia sejatinya bukan warga sekitar Gereja melainkan warga Krajan RT2/RW1 Kandangan, Pesanggarahan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pelaku menyerang gereja yang saat itu tengan melalukan ibadah. Selain merusak gereja, pelaku juga melukai jemaat, anggota polisi, dan juga Romo Pierre yang saat itu memimpin doa. Alhasil pelaku pun terpaksa dilumpuhkan dengan peluru karena tidak mau menyerah.

Baca Juga: Biadab! Gereja Santa Lidwina Sleman Yogyakarta Dirusak, Begini Kronologinya

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut aksi kekerasan dan penyerangan bukan karakter masyarakat Yogyakarta. Ia tidak memahami aksi pelaku yang menyebar teror ke umat yang sedang melaksanakan ibadah. Hal tersebut disampaikan usai menjenguk para korban di RS Panti Rapih Yogyakarta Minggu (11/2/2018).

“Saya sedih dan prihatin kenapa sedih saya satu kebetulan di Jakarta enggak bisa pulang, hanya jadi sore jam 4 saja,”

“Kedua sedihnya kenapa di jogja bisa begini sedangkan masyarakat kita ini kebersamaan sebagai budaya yang kita jaga tapi kenapa? Itu kenapa sedih tapi gak bisa menangis,” sesalnya.

“Ngarso Dalem mengaku penyerangan itu adalah perbuatan yang keji. Terlebih, saat penyerangan, ada umat yang sedang melaksanakan ibadah,”

“Ya kenapa ada kekerasan, yang dilakukan seseorang tanpa berperi kemanusiaan. Jelas itu bukan karakter kita masyarakat jogja. Saya sangat sedih dan menyesali,” tuturnya

Sultan berharap kejadian seperti ini tak akan terulang lagi terlebih kepada orang yang sedang beribadah di gereja.

Leave a Reply