Biadab! Gereja Santa Lidwina Sleman Yogyakarta Dirusak, Begini Kronologinya

0
110

Berita Gaya.com – Jakarta– Menjelang masa puasa dan pantang bagi umat Katolik, tiba-tiba musibah penyerangan gereja terjadi di Indonesia. Gereja Santa Lidwina Sleman diserang oleh orang tidak bertanggungjawab hingga menyebabkan kerusakan dan korban luka pada Minggu 11 Februari 2018 kemarin.

Yogyakarta yang sejatinya dikenal dengan semboyan “Kota Berhati Nyaman” agaknya memudar akibat beberapa kasus yang terjadi di sana termasuk perusakan Gereja Santa Lidwina Sleman. Gereja yang merupakan tempat suci untuk beribadah kaum Kristiani tersebut dirusak secara biadab. Tak cukup dengan merusak, pelaku yang diketahui bernama Suliyono (warga Krajan RT2/RW1 Kandangan, Pesanggarahan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur) juga melukai Romo Pierre yang saat itu memimpin doa.

Menurut Wasiyo, salah satu jemaat Gereja St Lidwina penyerangan itu terjadi di tengah-tengah prosesi ibadah. Jemaat yang beribadah dikejutkan dengan seorang jemaat yang masuk ke dalam gereja dengan berlumur darah di kepala. Jemaat tersebut adalah Martinus Permadi Subiantoro yang mengalami luka akibat ditebas pedang oleh pelaku.

“Misa itu kan jam 07.50 (wib) dimulai, selang 10 menit itu di luar ada teriakan keras. Lalu salah satu jemaah itu masuk dengan kondisi luka di bagian kepala langsung masuk ke ruang pastor,” tutur Wasiyo di lokasi kejadian.

Jemaat anak-anak dan perempuan pun sontak berhamburan ke luar gereja karena panik. Terlebih mereka melihat pelaku mengamuk sembari menggenggam sebilah pedang. Warga sekitar yang melihat kondisi panik jemaat Gereja St Lidwina itu langsung berupaya meredam remaja yang mengamuk tersebut. Namun, karena penyerang menggunakan pedang, warga pun mengalami kesulitan.

Tak lama setelahnya Polisi pun tiba di lokasi kejadian setelah ditelfon oleh pihak Gereja. Namun, pelaku justru menyerang Aiptu Munir sehingga sang polisi terluka di tangan. Karena melawan, pihak kepolisian akhirnya terpaksa melakukan tembakan pada pelaku. Pelaku pun berhasil diamankan setelah peluru panas polisi menyasar tubuhnya.

 

Leave a Reply