Tak Terima Namanya Disebut dalam Kasus Korupsi E-KTP, SBY Laporkan Kuasa Hukum Setya Novanto

0
78

Berita Gaya.com – Jakarta– Kasus korupsi pengadaan E-KTP yang menyeret nama Setya Novanto selaku mantan ketua DPR memasuki babak baru. Secara mengejutkan nama mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono atau SBY turut disebut-sebut dalam kasus tersebut.

Firman Wijaya selaku pengacara dari Setya Novanto yang mendampingi sidang kasus korupsi pengadaan E-KTP menyebut nama SBY dalam kasus yang ditanganinya. Firman menyebut bahwa fakta persidangan berupa keterangan saksi telah mengungkap siapa sebenarnya aktor besar di balik proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Berdasarkan keterangan saksi, menurut Firman, proyek e-KTP dikuasai oleh pemenang pemilu pada 2009, yakni Partai Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun, saksi yang dimaksud Firman adalah mantan politisi Partai Demokrat, Mirwan Amir.

“Mirwan bilang, dia sampaikan kepada pemenang Pemilu 2009 bahwa urusan e-KTP ini ada masalah, jangan dilanjutkan. Tapi instruksinya tetap diteruskan. Jadi jelas yang namanya intervensi, ini yang disebut kekuasaan besar,” kata Firman.

Menurut Firman, keterangan saksi ini sekaligus menjelaskan bahwa kliennya bukan pihak yang mengintervensi proyek e-KTP. Ia mengatakan, ada pihak yang lebih besar lagi yang berkepentingan dengan proyek tersebut.

Akibat keterangan Firman yang tergolong kontroversial tersebut, SBY pun lekas mengambil tindakan. Secara resmi SBY langsung melaporkan kuasa hukum Setya Novanto, Firman Wijaya ke Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018) dengan dugaan fitnah dan pencemaran nama baik. Dalam laporannya tersebut SBY turut menyertakan bukti-bukti ke pihak Bareskrim Polri yang memperkuat guna memperkuat laporannya.

Firman sendiri sudah mengetahui perihal dirinya dilaporkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Atas hal itu, Firman Wijaya menyatakan pihaknya tidak ‎mau ambil pusing terkait laporan dugaan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepadanya, di Bareskrim Mabes Polri.

Leave a Reply