Khawatir Timbulkan Musyrik, Tumpukan Batu di Sungai Cibojong Diruntuhkan Aparatur Desa

0
81

Berita Gaya.com – Jakarta– Masyarakat Sukabumi belum lama ini dibuat heboh dengan peristiwa pembongkaran tumpukan batu yang tersusun rapi di aliran sungai Kampung Cibojong, Desa Jayabakti, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Pasalnya tumpukan batu tersebut dikait-kaitkan dengan hal mistis hingga akhirnya dibongkar.

Jika berpikir logis, adanya tumpukan batu di aliran sungai Kampung Cibojong tersebut bisa jadi merupakan tumpukan batu hasil dari rock balancing. Rock balancing atau stone balancing merupakan suatu teknik menyusun batu dengan posisi tertentu tanpa alat perekat, kawat atau bantuan lainnya. Batu-batu diberdirikan tegak murni dengan ketepatan peletakan antara satu batu dengan lainnya. Kebanyakan orang mengkategorikannya sebagai bentuk seni.

Masyarakat Indonesia yang pada umumnya masih awam akan teknik rock balancing justru mengaitkan penemuan tumpukan batu di aliran sungai Kampung Cibojong dengan hal-hal mistis. Bahkan tumpukan batu yang ditemukan  Kamis, 1 Februari 2018 lalu memicu kehebohan hingga ramai di media sosial.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan camat bersama pejabat muspika setempat serta tokoh agama, merasa harus mengambil sikap. Puluhan tumpukan batu misterius itu kemudian diruntuhkan.  Kendati demikian, bukan berarti camat dan pejabat setempat mempercayai informasi mistis yang ramai diperbincangkan masyarakat. Tumpukan batu serupa sudah banyak dibuat di daerah lain, tentunya dibuat oleh manusia.

“Ini bisa menimbulkan kemusyrikan. Kalau masyarakat mempercayai adanya kekuatan lain, khawatir menyimpang dari ajaran agama,” ujar Camat Cidahu, Ading Ismail, Jumat, 2 Februari 2018.

Leave a Reply