Mau Rumah DP 0 Rupiah? Penuhi Dulu Syarat Ketentuan Berlaku Berikut Ini

0
175

Berita Gaya.com – Jakarta– Program rumah DP 0 rupiah adalah salah satu janji yang diusung pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Annies Sandiaga. Kini, janji tersebut pun tinggal ditunaikan agar apa yang mereka janjikan bagi rakyat kecil segera terwujud.

Meski rumah DP 0 rupiah akan diwujudkan, faktanya untuk memilikinya rakyat harus memenuhi syarat ketentuan yang berlaku. Adapun beberapa syarat untuk memiliki rumah DP 0 rupiah tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta, Agustino Darmawan, sebagai berikut;

“Program ini untuk warga DKI, yang ber-KTP DKI,” ujar Agustino saat dihubungi, Kamis (18/1/2018).

Ia melanjutkan, syarat kedua dan ketiga adalah warga tersebut sudah menikah dan belum memiliki rumah.

“Nanti ada syarat melampirkan surat keterangan dari lurah setempat yang menyatakan warga tersebut belum pernah memiliki rumah,” kata dia.

Persyaratan berikutnya, warga tersebut harus berpenghasilan di bawah Rp 7 juta dan minimal memiliki gaji sesuai upah minimum provinsi (UMP DKI).

“Kalau gajinya tidak UMP, bagaimana mau nyicil,” katanya.

Anies Baswedan sendiri telah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan rumah DP (down payment) 0 rupiah untuk memnuhi janji kampanyenya tersebut. Peletakan batu pertama dilakukan di kawasan Klapa Village, Jalan H. Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kawasan ini terletak di samping Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa.

Leave a Reply