Anda Berjerawat? Sebelum Terlambat, Ikuti Tips Cegah Jerawat Berikut Ini

0
153

Berita Gaya.com, JAKARTA- Ada yang punya masalah dengan kulit wajah berjerawat? Masalah jerawat merupakan salah satu masalah yang hampir seluruh orang pernah alami. Berbagai cara akan segera dilakukan untuk menghilangkan jerawat menggangu yang tampak di wajah. Namun, tahukah kamu bahwa timbulnya jerawat dapat dicegah?

Ya, kebanyakan orang akan kebingungan menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur muncul di wajah. Jerawat dianggap sangat mengganggu penampilan. Tapi, sedikit yang memperhatikan kanapa jerawat timbul di wajah dan bagaimana pencegahaannya agar wajah tak berjerawat. Bagaimanapun lebih baik mencegah timbulnya jerawat daripda menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur tumbuh.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar jerawat tak muncul di wajah:

  1. Jangan langsung menyentuh wajah dengan tangan

Hindari menyentuh atau menggaruk wajah dengan tangan secara langsung. Tangan kita banyak terkena kotoran dan bakteri dari benda-benda lain yang kita sentuh. Kalau kotor atau gatal, lebih baik menggunakan tissue untuk menyeka wajah dan harus sudah cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bisa mengurangi infeksi bakteri yang lebih parah di kulit wajah kita.

  1. Rajin mengganti sarung bantal

Kulit kita beregenerasi tiap malam dengan cara melepas kulit mati. Kita memang tidak bisa melihatnya dengan kasat mata, tetapi sarung bantal kita penuh dengan kulit mati yang bercampur minyak dari wajah dan gesekan rambut yang kotor. Oleh karena itu, gantilah sarung bantal secara rutin untuk meminimalisir resiko munculnya jerawat.

  1. Rileks dan tidak stress

Banyak penelitian dari para ahli yang percaya bahwa kondisi mental dan emotional yang tidak stabil turut mempengaruhi hormon dan kondisi kulit. Sehingga jerawat pun akan cepat tumbuh di wajah jika kita stress.

  1. Tidak ganti-ganti kosmetik

Kebanyakan wanita senang mencoba kosmetik dengan merk dan fungsi tertentu tanpa memperhatikan sensitivitas kulit. Kecuali memang tidak cocok, jangan sering mengganti merk kosmetik. Wajah perlu penyesuaian terhadap produk yang dikenakan, sehingga berganti-ganti make up dapat mempengaruhi timbulnya jerawat.

5. Perhatikan rambut
Hindari menggunakan wewangian, minyak, dan bahan kimia pada rambut. Bahan-bahan tersebut dapat menetes ke wajah, menyumbat pori-pori dan kemudian merusak kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Leave a Reply