Heboh Sukadi Kaya Mendadak Karena Temukan Muntahan Paus, Ternyata Begini Alasan Muntahan Paus Bikin Kaya

0
103

Berita Gaya.com, JAKARTA- Tidak ada yang menyangka nasib seseorang bisa berubah begitu cepat hanya karena hal yang tidak disengaja. Hal tersebut dialami oleh salah seorang nelayan bernama Sukadi asal Desa Pasar Lama, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu (02/11/2017.

Bagi orang awam, mungkin masih bertanya-tanya apa yang menyebabkan berita penemuan muntahan paus oleh Sukadi tersebut menjadi heboh? Apa alasan muntahan paus bisa membuat Sukadi kaya mendadak? Perlu diketahui, bahwa muntahan paus atau Ambergris merupakan sesuatu yang bernilai jual tinggi. Zat ini sangat baik digunakan sebagai bahan pembuat parfum. Ambergris keluar melalui sekresi pathologis atau muntahan karena penyakit dari Ikan Paus Sperma dan dihasilkan akibat reaksi dari iritasi perut yang disebabkan oleh kepala cumi dan kerang-kerang tertentu. Ikan paus sendiri hanya menghasilkan 3%-4% Ambergris saja dari populasi Ikan Paus Sperma jantan. Alhasil, benda ini mahal harganya dan dijuluki “emas mengambang”. Pada saat ambergris ini dimuntahkan paus ke laut, zat ini akan bereaksi dengan air garam dan akan menghasilkan sebuah zat baru yang jika dijual nilainya bisa mencapai $10.000 per kilogramnya.

Harganya yang fantastis tersebutlah yang akhirnya mengubah nasib Sukadi mendadak jadi orang kaya. Sukadi sendiri menemukan puluhan Kg Ambergris secara tidak sengaja. Ia yang sedang melaut melihat benda asing mengapung di atas laut, ia mengira bahwa benda tersebut merupakan limbah. Sukadi lantas memungutnya dengan maksud membersihkan limbah-limbah tersebut agar tidak mengotori laut. Tak dinyana, apa yang dipungutinya tersebut merupakan benda bernilai mahal.

Muntahan paus yang ditemukan oleh Sukadi sendiri diperkirakan mencapai 200 Kg. Jika harga per kilogramnya saja dapat mencapai $10.000 maka bisa dibayangkan berapa rupiah yang dapat diraih Sukadi jika ia menjual keseluruhan muntahan paus tersebut.

Leave a Reply