Sering Nyeri Saat Menstruasi Tiba? Begini Cara Sederhana Mengatasinya

0
127

Berita Gaya.com, JAKARTA- Setiap wanita sesuai kodratnya akan mengalami menstruasi atau haid. Usia normal seorang wanita mengalami menstruasi atau haid pertama adalah ketika wanita masih di usia remaja , yaitu antara 1 sampai 16 tahun. Kendati demikian, ada pula yang baru mengalami menstruasi atau haid di atas usia 16 tahun lantaran mengalami kelainan pada siklus menstruasi atau haidnya.

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.

Meski menstruasi atau haid datang setiap bulannya pada wanita, kecuali yang sedang hamil, kondisi yang terjadi pada saat menstruasi atau haid sering kali menyiksa bagi sebagian wanita. Nyeri yang teramat sangat atau disebut dismenorea kerap dirasakan wanita ketika sedang menstruasi atau haid. Kondisi tersebut terjadi secara normal, karena selama menstruasi rahim berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan yang akan keluar sebagai darah haid. Zat yang menyerupai hormon (prostaglandin) terlibat dalam rasa sakit dan peradangan yang memicu kontraksi otot rahim sehingga perut terasa nyeri.

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan sederhana yang dapat dicoba atau pun diterapkan untuk mengatasi nyeri perut saat menstruasi atau haid;

  1. Menggunakan bantal pemanas atau botol yang berisi air hangat untuk diterapkan pada daerah perut bawah pusar sambil dilakukan penakanan ringan.
  2. Mengkonsumsi ramuan tradisional atau jamu berupa perasan kunyit, gula jawa/aren, daun sirih, dan asam jawa yang direbus bersamaan.
  3. Mandi air hangat.
  4. Menaikkan kaki atau berbaring dengan lutut ditekuk.
  5. Latihan fisik secara teratur (dilakukan shari-hari, bukan pada saat sakit perut).
  6. Makan ringan, makanan bergizi.
  7. Berlatih teknik relaksasi atau yoga.
  8. Minum obat anti-inflamasi atau anti-nyeri seperti ibuprofen pada saat seorang, bisa juga untuk pencegahan yaitu diminum beberapa hari sebelum menstruasi datang (jika jadwalnya teratur).
  9. Konsumsi multivitamin yang terdiri dari vitamin B-6, vitamin B-1, vitamin E, asam lemak omega-3, kalsium, dan magnesium. Kurangi asupan garam, alkohol, kafein, dan gula untuk mencegah perut kembung.

Leave a Reply