No Bra Day! Nyamannya Wanita Tanpa Kutang

0
480

Berita Gaya.com, JAKARTA- Tidak banyak yang tahu bahwa hari ini merupakan peringatan hari tanpa BH sedunia atau “No Bra Day”. Peringatan “No Bra Day” diperingati wanita-wanita dari seluruh dunia dengan melepaskan “bra” atau tidak mengenakan “bra” pada hari tersebut.

Untuk masyarakat Indonesia, bra sendiri sering disebut BH atau kutang. Sebagai salah satu negara yang mengadopsi adat Timur, tidak mengenakan bra, BH, atau kutang adalah suatu hal yang dianggap tabu. Wanita yang tidak mengenakan “bra” pasti akan mendapat cibiran. Padahal sejatinya wanita sendiri akan merasa nyaman dan lega ketika bra yang merekat pada dadanya dilepas.

Bagi sebagian orang, peringatan “No Bra Day” sering dikait-kaitkan dengan hal vurgar. Padahal peringatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Breast Cancer Awareness sedunia atau dukungan kepada para penderita kanker payudara di seluruh dunia. Sehingga penting untuk membangun pikiran positif terkait peringatan “No Bra Day” ini agar tidak selalu dikaitkan dengan hal vulgar.

Awal mula penetapan “No Bra Day” sendiri sulit dipastikan. Ada yang berpendapat bahwa peringatan tersebut terinspirasi dari kampanye ahli bedah plastik yang berpraktik di Toronto, Kanada, Dr. Mitchell Brown pada 2011 lalu. Ia menginisiasi BRA (Breast Reconstruction Awareness) Day yang bertujuan mengedukasi pasien tentang mastektomi atau operasi pengangkatan payudara yang salah satunya bertujuan mencegah berkembangnya kanker payudara.

Peringatan “No Bra Day” sendiri sering kali diikuti oleh artis-artis dalam maupun luar negeri. Salah satu artis luar negeri yang aktif memperingati “No Bra Day”  adalah Miley Cyrus. Dalam berbagai kesempatan Miley Cyrus bahkan tidak canggung membiarkan bagian dadanya tanpa bra. Kesehatan adalah salah satu alasan yang memicu Miley Cyrus tidak senang memakai bra.

Leave a Reply