Memicu Pertumbuhan Sel Kanker, Hindari Kebiasaan Berikut Ini

0
70

Berita Gaya.com, JAKARTA- Semua aktivitas yang hendak dilakukan setiap orang akan berjalan dengan baik jika didukung keadaan tubuh yang sehat. Oleh karenanya penting untuk kita memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh.

Tanpa kita sadari sering kali tubuh terserang penyakit atau virus tertentu lantaran pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita lakukan ternyata dapat berdampak pada kesehatan. Alhasil segala aktivitas yang hendak dilakukan menjadi terhambat karena tubuh sakit.

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerah tubuh manusia karena pola hidup yang tidak sehat. Kanker adalah suatu penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Sayangnya, penyakit kanker biasa diketahui setelah stadium akhir atau virus terlanjur menyebar.

Berikut ini adalah pola hidup tidak sehat yang dapat memicu pertumbuhan kanker namun tanpa kita sadari sering kita lakukan;

  1. Mengkonsumsi makanan yang tercemar bahan kimia

Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, pewarna dan pengawet sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, sehingga apabila dikonsumsi secara terus-menerus maka akan memicu pertumbuhan sel kanker, salah satunya yaitu kanker serviks.

  1. Menggunakan minyak daur ulang/ minyak yang sudah dipakai berulang-ulang

Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak bekas yang sudah dipakai berulang akan mengakibatkan pertumbuhan kanker.

  1. Cara diet yang salah

Cara diet yang salah yaitu tidak memperhatikan asupan nutrisi atau makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga berakibat pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi kekebalan tubuh yang menurun akan membuat virus penyebab kanker lebih mudah menginfeksi.

  1. Gemar memakan makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi

Makanan tinggi lemak membuat kotoran lambat keluar, jaringan tumbuh yang tidak terkontrol dan memicu kanker usus besar.

  1. Makan tengah malam

Glukosa yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan gula darah dan dapat memicu kanker payudara. Jika kita makan pada siang hari, glukosa yang masuk ke aliran darah masih dapat digunakan sebagai energi. Tetapi berbeda jika kita memiliki kebiasaan makan pada malam hari. Tingginya glukosa akan menetap, tidak diubah menjadi energi, sebab metabolisme pada malam hari melambat. Hal tersebut yang menyebabkan kebiasaan makan malam dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

  1. Mengkonsumsi kentang goreng

Kentang goreng mengandung tingkat akrilamida (zat karsinogenik yang terbentuk dalam makanan pada suhu tinggi) saat dipanggang atau digoreng. Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa bahan ini dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

Leave a Reply