Beruntung! Tak Jadi Meninggal Status Tersangka Korupsi Setya Novanto Justru Dicabut

0
236

Berita Gaya.com, JAKARTA- Nama Setya Novanto agaknya menjadi nama salah satu anggota DPR yang paling populer dikenal masyarakat. Bagaimana tidak, namanya sering kali muncul dalam pemberitaan media.

Setya Novanto yang pernah menduduki posisi sebagai Ketua DPR sering kali diberitakan terlibat dalam berbagai kasus hukum. Namanya ramai diberitakan publik ketika muncul pemberitaan mengenai pencatutan nama presiden yang dilakukannya guna meminta bagian saham dari PT. Freeport. Dalam kasus tersebut, muncul istilah “Mama minta pulsa, Papa minta saham”.

Tak terdengar bagaimana kelanjutannya, Setya Novanto bagaikan Dewa yang kerap lolos dari masalah-masalah yang diberitakan melibatkan namanya. Terbaru, namanya kembali disebut-sebut terlibat dalam kasus korupsi pengadaan E-KTP.

Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan E-KTP oleh KPK pada 17/07/2017. Ia diduga terlibat kasus korupsi pengadaan E-KTP yang terjadi pada kurun waktu 2011-2012, saat dirinya menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR. Ia diduga ikut mengatur agar anggaran proyek E-KTP senilai Rp 5,9 triliun disetujui anggota DPR. Selain itu, Novanto diduga telah mengondisikan pemenang lelang dalam proyek E-KTP. Bersama pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong, Novanto diduga ikut menyebabkan kerugian negara Rp 2,3 triliun.

KPK telah beberapa kali melakukan pemanggilan pemeriksaan terhadap Setya Novanto terkait statusnya sebagai tersangka. Namun untuk kesekian kalinya pula Setya Novanto tidak hadir dengan alasan sakit. Bahkan melalui sebuah foto yang beredar luas di masyarakat dikabarkan kali ini kondisi kesehatannya memburuk. Setya Novanto harus menjalani kateterisasi jantung di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Bukannya memperoleh simpati atas kondisinya yang terbaring di RS, Setya Novanto justru banyak didoakan lekas diterima di sisi Allah. Banyak “meme” foto Setya Novanto terbaring di RS yang diparodikan netizen dengan berbagai caption menyindir. Netizen yang pro KPK memang kerap geram dengan perlikau dan kinerja Setya Novanto serta banyaknya kasus yang menyeret namanya sehingga sering berkomentar negatif terhadap apapun yang dilakukan Setya Novanto.

Nasib baik kembali berpihak pada Setya Novanto. Ia kembali lolos dari status tersangka yang ditetapkan KPK sejak sebulan terakhir ini. Meski menuai banyak kritikan karena dinilai banyak kejanggalan atas keputusannya, namun Hakim tunggal Cepi Iskandar memutuskan penetapan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak sah. Status Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP pun dicabut.

 

Leave a Reply