Sibuk Menebar Ujaran Kebencian, Jonru F Ginting Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka

0
84

Berita Gaya.com, JAKARTA- Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Belakangan ini Indonesia banyak mengalami permasalahan yang disebabkan adanya ujaran kebencian. Ujaran kebencian yang mempengaruhi masyarakat kerap kali dilandasi alih-alih pembelaan terhadap agama dan/atau kaum tertentu.

Pihak kepolisian sudah banyak meringkus beberapa oknum yang diduga melakukan ujaran kebencian. Dengan berbagai alat bukti oknum-oknum tidak bertanggungjawab tersebut akhirnya di bui.

Kini muncul kembali nama baru yang menambah daftar nama tersangka atas dugaan penyebar ujaran kebencian. Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya meningkatkan status tersangka terhadap Jonru F Ginting dalam kasus dugaan ujaran kebencian. Saat ini Jonru masih diperiksa polisi.

Penetapan tersangka terhadap Jonru F Ginting sendiri dilakukan setelah penyidik memeriksa Jonru sebagai saksi pada Kamis, (28/9). Jonru diperiksa atas laporan yang dilayangkan oleh Muannas Alaidid. Jonsu diketahui telah mengunggah konten-konten yang diduga menyinggung SARA.

Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dengan dua aduan. Pertama terkait dengan status Facebook yang dianggap menghina Joko Widodo dan kedua posting Facebook yang disebut mempelesetkan nama Muannas Al Aidid. Bahkan, hinaan terhadap Presiden Joko Widodo tersebut sempat ramai diperbincangkan kala Jonru berdebat sengit dengan Komisi III DPR-RI dari Partai Nasdem, Akbar Faizal ketika diundang ke salah satu acara TV.

Peningkatan status Jonru F Ginting dari saksi menjadi tersangka dilakukan setelah penyidik menempuh proses gelar perkara. Dari hasil gelar perkara, dinyatakan bahwa perbuatan Jonru memenuhi unsur pidana. Pihak kepolisian juga melakukan penggeledahan sebagai upaya untuk melengkapi penyidikan.

Leave a Reply