Gunung Agung Berstatus Awas! Warga Terpaksa Sembahyang di Pengungsian

0
78

Berita Gaya.com, JAKARTA- Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, kini berstatus awas. Sejak 18 September 2017 aktivitas Gunung Agung terus meningkat sehingga status siaga kini menjadi awas. Kondisi terakhir Gunung Agung ini disampaikan langsung oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Jumat 22 September 2017.

misteri-di-pura-besakih-bali-bw5fu0U3Yg

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Pulau Bali. Dahulu setinggi 3.142 meter di atas pemukaan laut (Mdpl), lalu turun menjadi 2.920-3.014 Mdpl setelah meletus pada tahun 1963. Puncak Gunung Agung terletak di bagian barat daya, tepat di atas Pura Besakih.

720x90

Meningkatnya status Gunung Agung ke level awas saat ini menyebabkan sebanyak lebih dari 9.000 warga Kabupaten Karangasem, Klungkung, dan Buleleng telah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

hingga-tengah-malam-jumlah-pengungsi-gunung-agung-capai-1-600-orang-PIPOx5buH8

Menanggapi status Gunung Agung yang resmi berstatus awas, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menghimbau agar warga, wisatawan atau pendaki tidak beraktifitas pada radius 9 km ditambah perluasan sektoral ke arah utara, tenggara dan selatan-baratdaya sejauh 12 km.

Arta Dipa juga menambahkan bahwa Pura Besakih ditutup sepenuhnya pada Sabtu 23 September 2017 bagi para wisatawan maupun warga sekitar yang hendak sembahyang. Proses sembahyang dapat dilakukan warga di tempat pengungsian sementara sampai status Gunung Agung aman kembali.

 

 

Leave a Reply