Tuangkan Air Kembali Saat Telinga Kemasukan Air, Aman Nggak Ya?

0
82

c057a01d-b91b-4b18-a157-b9a0de501196_43.jpg

Jakarta – Gaya Kesehatan, Saat telinga kemasukan air tentu hal tersebut dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Nah, untuk mengatasinya menuangkan air kembali menjadi salah satu cara yang biasa dilakukan oleh masyarakat.

Menanggapi hal ini, dr Agus Subagio SpTHT mengatakan menuangkan air kembali seyogianya boleh saja dilakukan. Namun, hal tersebut juga mesti memerhatikan kondisi telinga.

“Asal kondisi telinga baik-baik saja ya nggak kenapa menuangkan air kembali,” ucap dokter yang praktik di RS Pondok Indah Puri Indah saat dihubungi detikHealth baru-baru ini.

Selain itu, dr Agus menambahkan cara lain untuk mengatasi air yang masuk ke dalam telinga yaitu dengan menarik atau menggerakan daun telinga. Tapi ia kembali mengingatkan bahwa pada dasarnya air dapat keluar secara alami karena kondisi lingkungan yang hangat.

“Namun ada juga pada beberapa pasien ada struktur anatominya yang bermasalah. Jadi ada lekukan di sekitar gendang telinga sehingga air yang masuk tergenang di dalam,” sambung dr Agus.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr Agus menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu dokter dapat memasukan kapas sehingga air dapat terserap dan rasa tidak nyaman pun teratasi.

 

Leave a Reply